Review Sistem Operasi Windows 7


            Windows 7 merupakan versi windows terakhir yang menggunakan menu start yang menggantikan versi windows sebelumnya, Windows Vista. Windows 7 dirilis untuk pabrikan komputer pada 22 Juli 2009 dan dirilis untuk publik pada 22 Oktober 2009, kurang dari tiga tahun setelah rilis pendahulunya, Windows Vista.

            Tidak seperti pendahulunya yang memperkenalkan banyak fitur baru, Windows 7 lebih fokus pada pengembangan dasar Windows, dengan tujuan agar lebih kompatibel dengan aplikasi-aplikasi dan perangkat keras komputer yang kompatibel dengan Windows Vista. Presentasi Microsoft tentang Windows 7 pada tahun 2008 lebih fokus pada dukungan multi-touch pada layar, desain ulang taskbar yang sekarang dikenal dengan nama Superbar, sebuah sistem jaringan rumahan bernama HomeGroup, dan peningkatan performa. Beberapa aplikasi standar yang disertakan pada versi sebelumnya dari Microsoft Windows, seperti Windows Calendar, Windows Mail, Windows Movie Maker, dan WIndows Photo Gallery tidak disertakan lagi di Windows 7 kebanyakan ditawarkan oleh Microsoft secara terpisah sebagai bagian dari paket Windows Live Essentials yang gratis. 

            Sistem operasi Windows 7, yang dirilis sekitar 9 tahun lalu, sudah dipastikan akan diakhiri dukungannya tahun 2020 mendatang. Walaupun Microsoft sudah mengeluarkan windows versi versi baru seperti Windows 8 dan Windows 10 namun Windows 7 tidak membuat kehilangan pengguna.

            Memang, sejak beberapa bulan lalu, jumlah pengguna Windows 7 dilaporkan sudah berada di bawah Windows 10. Namun, itu bukan berarti Windows 7 sudah tidak digunakan lagi. Pengguna Windows 7 memang sudah semakin sedikit, tetapi jumlah penggunanya, dari laporan Microsoft, disebut masih mencapai angka 184 juta hanya dari jajaran produk komersil saja, atau produk yang biasa digunakan di kantor. Angka itu tentu saja bisa lebih tinggi lagi bila jumlah pengguna dari produk PC pribadi disertakan.

            Menariknya, angka yang disebutkan Microsoft itu tidak termasuk jumlah PC dengan Windows 7 yang ada di China. Di negara tersebut, disebut masih banyak sekali komputer yang menggunakan sistem operasi lawas itu, baik untuk penggunaan pribadi maupun kantoran. Sementara di AS, negara asal Microsoft sendiri, disebut masih ada sekitar 46 juta komputer kerja dengan Windows 7.
 Tentunya Windows 7 mempunyai kelebihan dan kekuranagannya tersendiri yaitu sebagai berikut :
Kelebihan :
·        Durasi waktu booting ( booting delay time ) lebih cepat
·       Konsumsi daya lebih irit, sehingga lebih stabil dari pada windows Vista karena konsumsi daya yang lebih sedikit
·        Dapat memilih Jaringan Wireless Hanya dengan 1 klik dari system tray
·        Mendukung Teknologi multi touch ( layar sentuh )
·        Optimasi pada proses load data untuk HD maupun SSD
·        System pencarian data yang lebih cepat
·        Tampilan dan aplikasi Lebih Menarik
Kekurangan :
·        Ada hardware yang bisa langsung dikenali di Vista, tapi tidak di WIndows 7
·        Bug pada Windows Player 12
·        Tidak adanya icon LAN yang berkedip di taskbar Tray! seperti Vista maupun XP
·        Susah memaksa software yang sebelumnya bisa dipaksakan diinstall di VIsta, juga dipasang i Windows 7
·         Modem Sierra AirCard 875U tidak dapat digunakan.
·         Ada hardware yang bisa langsung dikenali di Vista, tapi tidak di Windows 7


            Januari 2020 mendatang, Microsoft akan menghentikan total update untuk Windows 7, yang berarti penggunanya akan menanggung resiko yang cukup besar bila ada celah keamanan baru muncul, terutama untuk penggunaan di lingkungan kantor. Belum diketahui apakah Microsoft akan kembali menggelar kampanye untuk mendorong peralihan ke sistem operasi Windows 10 untuk pengguna Windows 7. Namun, kemungkinan besar pengguna Windows 7 pun pada akhirnya terpaksa harus beralih ke Windows 10 karena bisa saja pembuat aplikasi akan mulai mengoptimalkan produk mereka untuk Windows 10, bukan lagi untuk Windows 7.



DAFTAR PUSAKA


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Soal & Jawaban Manajemen Proyek & Resiko BAB II “Konteks Manajemen Proyek dan TI”

Soal & Jawaban Manajemen Proyek & Resiko BAB IV “Manajemen Integrasi”

Soal & Jawaban Manajemen Proyek & Resiko BAB VIII “Manajemen Kualitas”