Port Serial

VCLASS 7 Port Serial

1. Jelaskan apa yang dimaksud port serial!

2. Jelaskan mengapa proses kerja port serial lebih sulit!

3. Sebutkan perangkat apa saja yang dapat disambungkan dengan port serial!

Jawaban !

1.) Serial Port (Port Serial) adalah antarmuka yang memungkinkan PC untuk mengirim atau menerima data satu per satu. Ini adalah salah satu jenis antarmuka tertua dan pada satu waktu yang umumnya digunakan untuk menghubungkan printer dan modem eksternal ke PC.

Serial Port yang modern digunakan dalam instrumen ilmiah, sistem toko hingga seperti mesin kasir dan aplikasi seperti sistem mesin industri. Dibandingkan dengan port paralel, kecepatan transfer data Serial Port ini terbilang lebih lambat.

Fungsi Port serial berdasarkan pengertian Serial Port (Port Serial) di atas, secara umum, fungsi Serial Port (Port Serial) ini adalah untuk menghubungkan perangkat serial ke Komputer. Port serial, juga disebut port komunikasi (COM), adalah Bidirectional atau dua arah. Komunikasi dua arah memungkinkan setiap perangkat menerima data serta mengirimkannya.

Perangkat serial menggunakan pin yang berbeda untuk menerima dan mengirimkan data yang menggunakan pin yang sama akan membatasi komunikasi menjadi setengah dupleks, artinya informasi hanya dapat bergerak dalam satu arah pada satu waktu. Menggunakan pin yang berbeda memungkinkan untuk komunikasi dupleks penuh, di mana informasi dapat melakukan perjalanan ke dua arah sekaligus.

Port serial memiliki beberapa kelebihan diantaranya:

  • Kabel untuk komunikasi serial bisa lebih panjang dibandingkan dengan paralel; data-data dalam komunikasi serial dikirim-kan untuk logika '1' sebagai tegangan -3 s/d -25 volt dan untuk logika '0' sebagai tegangan +3 s/d +25 volt, dengan demikian tegangan dalam komunikasi serial memiliki ayunan tegangan maksimum 50 volt.
  • Jumlah kabel serial lebih sedikit; Anda bisa menghubungkan dua perangkat komputer yang berjauhan dengan hanya 3 kabel untuk konfigurasi null modem, yaitu TXD (saluran kirim), RXD(saluran terima) dan Ground, bayangkan jika digunakan teknik paralel akan terdapat 20 - 25 kabel.
  • Banyaknya piranti saat ini (palmtop, organizer, hand-phone dan lainlain) menggunakan teknologi infra merah untuk komunikasi data; dalam hal ini pengiriman datanya dilakukan secara serial. IrDA-1 (spesifikasi infra merah pertama) mampu mengirimkan data dengan laju 115,2 kbps dan dibantu dengan piranti UART, hanya panjang pulsa berkurang menjadi 3/16 dari standar RS-232 untuk menghemat daya.
  • Untuk teknologi embedded system, banyak mikrokontroler yang dilengkapi dengan komunikasi serial (baik seri RISC maupun CISC) atau Serial Communication Interface (SCI); dengan adanya SCI yang terpadu pada 1C mikrokontroler akan mengurangi jumlah pin keluaran, sehingga hanya dibutuhkan 2 pin utama TxD dan RxD (di luar acuan ground).


2.) Antarmuka Port serial lebih kompleks/sulit dibandingkan dengan antarmuka melalui kanal paralel (akan dibahas pada bab berikutnya), hal ini discbabkan karcna:
Dari Segi perangkat keras: adanya proses konversi data pararel menjadi serial atau sebaliknya menggunakan piranti tambahan yang disebut UART (Universal Asynchronous Receiver/Transmitter);
Dari Segi perangkat lunak: lebih banyak register yang digunakan atau terlibat

3.) Perangakat yang digunakan pada port serial terdapat 2 jenis terminal yaitu

  • DTE (Data Terminal Equipment), 

Contoh : PC, Laptop, Client PC

  • DCE (Data Communication Equipment), 

Contoh : Hub, Switch, Modem , Plotter dan lain-lain.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Soal & Jawaban Manajemen Proyek & Resiko BAB II “Konteks Manajemen Proyek dan TI”

Soal & Jawaban Manajemen Proyek & Resiko BAB IV “Manajemen Integrasi”

Soal & Jawaban Manajemen Proyek & Resiko BAB VIII “Manajemen Kualitas”