Prinsip Dasar Antarmuka

VCLASS 3 Pengantarmukaan Periferal Komputer

1. Jelaskan apa yang dimaksud handsaking!
2. Berikan contoh handsaking antar perangkat!
3. Jelaskan keterkaitan handsaking hardware dan handsaking software!

Jawaban !

1. Handshaking pada komputer adalah suatu proses otomatis yang terjadi ketika computer  untuk berkomunikasi dengan perangkat asing untuk menetapkan peraturan dengan tujuan agar dapat berkomunikasi. Kedua perangkat harus mendapatkan persetujuan melalui sebuah protokol agar dapat saling berkomunikasi. Sebagai contoh ketika computer berkomunikasi dengan perangkat lain seperti printer, modem, atau server jaringan, perlu jabat tangan dengan itu untuk membuat sambungan.

2. Handshaking pada perangkat merupakan pertukaran informasi dimana kedua perangkat saling mengirimkan sinyal agar dapat saling berkomunikasi satu dengan yang lainnya. Contoh protokol TCP/IP yang selalu mengirimkan 'hello packet' sebagai pemberitahuan bahwa perangkat siap untuk bisa berkomunikasi. Contoh lainnya adalah handshaking modem, yang biasanya bernegosiasi parameter komunikasi untuk periode singkat bila sambungan pertama kali didirikan, dan setelah itu gunakan parameter untuk memberikan mentransfer informasi yang optimal melalui saluran sebagai fungsi dari kualitas dan kapasitas.

3.Keterkaitan antara Software dan Hardware terjadi contohnya saat komunikasi internet berjalan, komputer secara utuh butuh perangkat fisik sebagai pemancar/penerima sinyal yang digunakan untuk komunikasi internet, dan juga agar dapat berkomunikasi dengan internet komputer harus memiliki protokol TCP/IP yang sesuai dari software agar dapat berkomunikasi ke internet.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Soal & Jawaban Manajemen Proyek & Resiko BAB II “Konteks Manajemen Proyek dan TI”

Soal & Jawaban Manajemen Proyek & Resiko BAB IV “Manajemen Integrasi”

Soal & Jawaban Manajemen Proyek & Resiko BAB VIII “Manajemen Kualitas”