Vclass Mikroelektronika | PTA 2019/2020 | Robby Chandra | 3KB01



Nama   : Zakka Hadiyan
NPM   : 26117744
Kelas   : 3KB01

Soal
  1. Jelaskan secara lengkap tentang transistor sebagai saklar!
  2. Jelaskan bagaimana transistor dalam keadaan saturasi dan cutoff!
  3. Jelaskan tentang daerah aktif pada transistor!
Jawaban
1.      Transistor dapat digunakan sebagai saklar yaitu bila berada pada dua daerah kerjanya yaitu daerah jenuh (saturasi) dan daerah mati (cut-off). Transistor akan mengalami perubahan kondisi dari menyumbat ke jenuh dan sebaliknya.
·         Transistor dalam keadaan menyumbat dapat dianalogikan sebagai saklar dalam keadaan terbuka, sedangkan dalam keadaan jenuh seperti saklar yang menutup.
·         Untuk membuat transistor menghantar, pada masukan basis perlu diberi tegangan. Besarnya tegangan harus lebih besar dari Vbe (0,3 untuk germanium dan 0,7 untuk silicon).

2.      Kondisi transistor saat keadaan saturasi :
      Dalam keadaan saturasi, arus kolektor secara nominal adalah Vcc/Rc, dan karena Rc adalah beban yang bernilai kecil, maka Vcc perlu dijaga agar tetap rendah supaya transistor tetap beroperasi dalam batasan arus maksimum dan disipasi daya minimum.
Kondisi transistor saat keadaan cutoff
      Pada titik ini tidak ada arus yang mengalir dari kolektor ke emitor. Sehingga transistor akan memutuskan arus yang mengalir hal inilah yang disebut dengan kondisi cutoff.


3.     
Grafik Kurva Karakteristik Transistor,karakteristik transistor,transistor sebagai sakalar,daerah jenuh transistor,daerah mati transistor,daerah kerja transistor,titik cut-off transistor,titik saturasi transistor,daerah aktif transistor

Daerah aktif Pada daerah kerja ini transistor biasanya digunakan sebagai penguat sinyal. Transistor dikatakan bekerja pada daerah aktif karena transistor selalu mengalirkan arus dari kolektor ke emitor walaupun tidak dalam proses penguatan sinyal, hal ini ditujukan untuk menghasilkan sinyal keluaran yang tidak cacat. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Soal & Jawaban Manajemen Proyek & Resiko BAB II “Konteks Manajemen Proyek dan TI”

Soal & Jawaban Manajemen Proyek & Resiko BAB IV “Manajemen Integrasi”

Soal & Jawaban Manajemen Proyek & Resiko BAB VIII “Manajemen Kualitas”