Rangkaian Dasar Antarmuka

VCLASS 2 Pengantarmukaan Periferal Komputer
Forum
  1. Jelaskan apa yang dimaksud dan fungsi dari rangkaian dasar antarmuka!
  2. Sebutkan dan jelaskan apa saja yang termasuk rangkaian dasar antarmuka!
  3. Jelaskan hal apa yang mendasari antar perangkat dapat saling berkomunikasi biarpun karakteristik perangkat tersebut berbeda-beda!
Jawaban !

1. Rangkaian dasar antarmuka(interface) adalah suatu rangkaian yang dirancang yang ditujukan untuk melakukan fungsi - fungsi antar muka yang bisaberoperasi dengan semestinya. Rangkaian ini juga berfungsi sebagai sebuah aturan maupun persetujuan bersama antara perangkat untuk bisa saling berkomunikasi jika persetujuan dilanggar maka tidak akan terjadi komunikasi perangkat yang terhubung satu sama lainnya.

2. Terdapat 3 yang termasuk dari Rangkaian Dasar Antarmuka: 
  • Handsaking, adalah sebuah teknik komunikasi diantara dua entitas yang secara otomatis menentukan parameter-parameter komunikasi di antara dua entitas sebelum komunikasi data dimulai. Handshaking terjadi setelah adanya koneksi fisik sebelum adanya transfer informasi secara normal.
  • Protocol, dapat diartikan sebagai sebuah aturan yang mendefinisikan beberapa fungsi yang ada dalam sebuah jaringan komputer, misalnya mengirim pesan, data, informasi dan fungsi lain yang harus dipenuhi oleh sisi pengirim dan sisi penerima agar komunikasi dapat berlangsung dengan benar, walaupun sistem yang ada dalam jaringan tersebut berbeda sama sekali.
  • Bus Interfacing, merupakan Penghubung bagi keseluruhan komponen komputer dalam menjalankan tugasnya.

3. Perangkat - perangkat dalam ilmu komputer dapat saling membutuhkan satu sama lain, karenanya dalam hal ini dibutuhkanlah sebuah hubungan antar perangkat supaya bisa menjadi sebuah sistem yang bekerja. Walaupun dengan karakteristik yang berbeda-beda, perangkat bisa saling berkomunikasi dengan cara menetapkan parameter-parameter yang sama agar sesuai dengan pengirim dan penerima dari sebuah komunikasi yang terjalin, akhirnya dengan menetapkan aturan-aturan tersebut semua perangkat bisa melakukan komunikasi bersama dengan tujuan mencipatkan suatu sistem yang berfungsi sebagaimana komunikasi tersebut saling berhubungan(berinteraksi).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Soal & Jawaban Manajemen Proyek & Resiko BAB II “Konteks Manajemen Proyek dan TI”

Soal & Jawaban Manajemen Proyek & Resiko BAB IV “Manajemen Integrasi”

Soal & Jawaban Manajemen Proyek & Resiko BAB VIII “Manajemen Kualitas”